News Ticker

Menulislah, Maka Kamu Bisa !!

By Unknown - Minggu, 10 Agustus 2014 No Comments
Zidna IslamiaMenulis itu sesuatu yang gampang-gampang susah. Gampang karna mau dan susah karna tidak mau nulis. cuma itu kuncinya. Kamu bisa nulis karna kamu mau nulis, kamu tidak bisa nulis karna kamu tidak mau nulis. Ada nggak tips menulis yang thokcer? saya jawab: Kagak ada !! tips menulis yang paling thokcer diseluruh jagat raya hanya satu, dan ini telah dibuktikan oleh banyak penulis terkemuka. Apa itu "MENULISLAH". Anda mau pandai menulis maka menulislah, itu kuncinya. Lalu pertanyaannya kenapa saya kalau nulis jelek sekali, tidak bisa bener, berserakan, seperti sampah yang udah basi (namanya sampah emang basi tau, hehe). Sekarang kamu bisa ngomong? kamu bisa ngomelin orang? kamu bisa nyerocos seharian saat kamu marah-marah sampai mulut kamu berbusa?
Sekarang saya mau bilang:
Ngomong itu menyuarakan pemikiran,
Menulis itu mem-visualkan omongan. Apa bedanya?
Ada 2 proses disana, berpikir-berbicara, berbicara-menulis. Gimana kalau kita singkat saja prosesnya, dari berpikir ke menulis. Dalam bahasa saya, menulis itu memvisualkan pemikiran. Sama saja kan sob?
Harusnya, bagi yang tidak pandai ngomong, menulis adalah sarana berekspresi paling utama. Dan memang, kebanyakan mereka yang tidak pandai ngomong justru pandai menulis. Tapi sebaliknya, mereka yang pandai ngomong tidak pandai menulis.
Belajar menulis artikel sebenarnya sangat mudah dilakukan bagi setiap orang, hanya terkadang orang sering terbentur dengan hal-hal sepele yang justru menghambat proses belajar menulisnya. Nah sebelum memutuskan untuk memulai menulis sebuah artikel, ada baiknya menyimak tips dibawah ini, hal-hal yang harus di hindari ketika ingin menulis artikel.
a. Terlalu banyak pertimbangan dalam memutuskan tema apa yang akan di ambil. 
Jika ingin piawai dalam menulis artikel sebaiknya jangan pernah ragu dalam mengambil sebuah tema tulisan. Sepanjang tema yang akan anda ambil memiliki banyak referensi dari berbagai sumber. Namun anda juga harus sadar diri untuk tidak pernah dan jangan pernah mengambil suatu tema yang sama sekali anda tidak memahaminya. Oleh karena itu Tema yang terbaik adalah tema yang cukup anda kuasai atau tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oke? Anda bisa? Kamu bisa? dan Saya bisa !!
b. Terlalu banyak memikirkan mukadimah. Mukadimah yang baik dalam suatu artikel memang penting, namun jika sewaktu-waktu anda hendak menulis, anda kebingungan dengan mukadimah sebaiknya abaikan saja mukadimah dari sebuah artikel. Karena intinya itu bukan muqaadimahnya, tapi inti yang ingin anda tulis itulah yang penting. Muqaddimah hanya sebagai pendahuluan dan pengantar saja. bahkan berlama-lama dalam muqaadimah malah bikin tidak asyik tuh tulisannya.
c.Terlalu sering menghapus tulisan yang sudah ditulis. Menghapus tulisan yang salah pengejaan mungkin wajib, tapi menghapus tulisan yang sudah mengalir dan menganggapnya tidak sesuai akan menjadi penghambat dalam belajar menulis. Justru yang seharusnya anda lakukan adalah membiarkan tulisan yang sudah mengalir dan menyesuaikannya dengan tulisan yang baru.

No Comment to " Menulislah, Maka Kamu Bisa !! "